Pages

Sunday, October 04, 2009

Tips/Teknik Memilih Template Blog

Assalamualaikum Wbkt.
Kadang-kadang kita terlalu teruja dengan template yang ‘Canggih’ Hal ini ditambah dengan terlalu banyak pilihan template/themes yang berbagai bentuk dan warna. Ramai yang lupa bahwa pelawat tidak hiraukan dengan kecanggihan template yang kita guna. Orang masuk ke blog kita sebenarnya kerana isinya yang menarik,dan lain dari yang lain.

Selain itu, kalau kita perhatikan, Web-web berpengunjung ramai,serta traffic yang tinggi semuanya berbentuk sederhana. Lihat contohnya tiga web bertraffic tertinggi di dunia: google.com, yahoo.com dan msn.com. Ketiganya memakai template minimalist: background putih, font tulisan warna hitam dan warna tulisan di menunya yang tidak serabut. Google.com, website no. 1 di dunia termasuk pengasas minimalist di mana cuma terdapat kotak search engine dan sedikit menu link di atasnya. Dulu, yahoo.com memiliki banyak link di halaman utama / frontpage-nya, tapi sekarang sudah setanding google. Apa yang pentingnya,adalah-" the simple is the better". Saya sendiri malas berkunjung untuk kedua kalinya pada sebuah blog yang terlalu canggih dan berat loadingnya karena banyak script yang dipasang.

Oleh karena itu, memilih template harus mempertimbangkan tips-tips di atas: pilihlah template atau themes yang kemas, background warna yang sederhana, dan warna font artikel yang senang dibaca.

Selain itu, apa yang penting adalah “kekemasan blog.” Blog yang kemas ialah:
(a) sidebar tidak panjang;
(b) font artikel cukup satu warna dan seragam;
(c) blogroll atau banner dipasang kemas dan sesuai;
(d) sesuai dibuka dengan berbagai browser, terutama IE dan firefox.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda suka blog kemas atau yang “caca-marba/serabut?”

Tips bagi Blogger Baru:

1. Bagi pengguna wordpress.com, untuk ganti template / theme / tema, setelah login
(a) klik “Paparkan” atau “Presentation”
(b) deretan template di bawahnya akan keluar;
(c) klik template / theme /tema yang Anda suka.

2. Bagi pengguna blogger.com / blogspot, walaupun template asli (default) blogspot tidak lawa, tapi kita boleh memilih template di laman web ini(www.btemplates.com).

Sekian..moga-moga ianya memberi manfaat

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...